Menu

Jumat, 04 Februari 2022

Berpikir Diakronik dan Sinkronik dalam Sejarah kontruksi bangunan



* Berpikir Diakronik dan Sinkronik dalam Sejarah
* Tujuan pembelajaran : Peserta didik mampu mengidentifikasi berpikir diakronik dan sinkronik dalam sejarah yang dapat digunakan untuk menceritakan peristiwa sejarah perkembangan konstruksi bangunan di Indonesia dan di dunia dengan bahasa masing-masing.
* Capaian pembelelajaran : Peserta didik mampu menganalisis berpikir diakronik dan sinkronik dalam sejarah.
* Metode pembelajaran : Historical Inquiry
* Langkah - langkah pembelajaran :
- Kegiatan awal : apersepsi
- Kegiatan Inti : Perserta didik menyimak video tentang sejarah perkembangan konstruksi bangunan di Indonesia. Perserta didik membahas materi yang ditampilkan pada video tentang sejarah perkembangan konstruksi bangunan di Indonesia. Kemudian mempresentasikan hasil diskusi kelompok di depan kelas.
- Penutup : siswa bersama guru menyimpulkan materi pembelajaran.
Pada materi berpikir diakronik dan sinkronik dalam sejarah diharapkan siswa mampu mengidentifikasi cara berpikir tersebut dengan menyesuaikannya sesuai dengan jurusan masing-masing. Dalam hal ini berkaitan dengan jurusan konstruksi bangunan. Dengan berpikir diakronik dan sinkronik dalam sejarah bila dikaitkan dengan jurusan desain konstruksi bangunan, siswa dapat mengetahui sejarah konstruksi bangunan pertama di Indonesia.
https://youtu.be/rpEtwMxFdfo


Dengan menonton video berikut ini diharapkan siswa dapat mengidentifikasi cara berpikir diakronik dan sinkronik disesuaikan dengan jurusan konstruksi bangunan. 
Mengetahui perkembangan sejarah konstruksi bangunan di Indonesia dan di dunia.
# Silahkan tonton video berikut ini, kemudian buat kesimpulan dengan kelompok kerja yang sudah dibagikan guru. Setelah itu hasil dari kesimpulan kelompok dipresentasikan di depan kelas.

Tugas kelompok :
Berdasarkan video yang ditampilkan pilih salah satu videonya, buatlah kesimpulan tentang sejarah perkembangan Teknik konstruksi dan perumahan di Indonesia secara berkelompok. Tugas dikerjakan pada selembar kertas dan dilampirkan pada kolom komentar blog ini. Setelah itu dipresentasikan di depan kelas.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar