Menu

Jumat, 15 Maret 2024

Proklamasi Kemerdekaan



https://youtu.be/6ETqk1s6XS8?si=Rvwj-e3QBESBhoDg
* Menuju Proklamasi Kemerdekaan
1. Pembentukan PPKI
Pada saat Jepang berada di ujung kekalahannya, mereka membentuk PPKI yang terdiri atas perwakilan beberapa kelompok di Indonesia PPKI bertugas untuk mempersiapkan kemerdekaan Indonesia dan anggotanya dipilih oleh jenderal Terauchi yang merupakan penguasa perang tertinggi di Asia tenggara. Anggota PPKI berasal dari berbagai wilayah jajahan Jepang di Indonesia.

2. Peristiwa Rengasdengklok 
Sehari setelah kembalinya pemimpin PPKI ke Indonesia, Jepang menyerah tanpa syarat kepada sekutu. Pengumuman resmi mengenai penyerahan Jepang kepada sekutu baru diterima di Jakarta 15 Agustus 1945. Kelompok pemuda yang ada di Jakarta kemudian bergerak dan menginginkan proklamasi kemerdekaan disegerakan, tetapi ada pertentangan dari kaum tua untuk menyegerakan proklamasi kemerdekaan. Kaum tua berkeinginan memproklamasikan kemerdekaan itu setelah setelah diadakannya sidang PPKI pada 16 Agustus 1945. Akan tetapi kaum muda menolak rencana dari kaum tua sehingga kaum muda mengasingkan kaum tua ke wilayah Rengasdengklok. Kaum tua yang diasingkan itu adalah Bung Karno dan Bung Hatta diasingkan ke Rengasdengklok. Setelah ada kesepakatan bahwa kemerdekaan akan diumumkan 17 Agustus 1945 akhirnya Soekarno dan Hatta dikembalikan oleh para pemuda ke Jakarta. Proklamasi Kemerdekaan akhirnya resmi di proklamirkan pada 17 Agustus 1945 di jalan Pegangsaan timur 56 pukul 10.00

3. Perumusan Naskah Proklamasi Kemerdekaan
Setelah dipulangkan ke Jakarta Soekarno dan Hatta kembali ke kediaman laksamana Maeda, pada akhirnya Proklamasi Kemerdekaan Indonesia memang harus tetap dilakukan terlepas apakah ada dukungan atau tidak dari pihak Jepang. Hanya ada 5 orang yang terlibat dalam penyusunan naskah Proklamasi yaitu Soekarno, Hatta, Ahmad Soebardjo, Sukarni dan Sayuti Melik.

4. Proklamasi kemerdekaan Indonesia
Pada awalnya para pemuda merencanakan pembacaan proklamasi di lapangan Ikada namun saat para pemuda sampai di sana mereka mendapati lapangan itu dijaga ketat oleh tentara Jepang sehingga tidak mungkin proklamasi dibacakan di sana. Proklamasi kemerdekaan dibacakan di rumah Soekarno jalan Pegangsaan timur 56 para pemuda yang sudah hadir tidak sabar menunggu pembacaan Proklamasi dan mendesak Soekarno segera membacakannya. Naskah proklamasi kemerdekaan RI tepat dipukul 10 dibacakan oleh Ir. Soekarno dan didampingi oleh Drs. Muhammad Hatta.
Acara dilanjutkan dengan pengibaran bendera merah putih diikuti dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Soal latihan :
1. Uraikan penyebab mengapa Jepang menyerah tanpa syarat kepada Sekutu !
2. Jelaskan mengapa kaum muda mengasingkan Soekarno dan Hatta ke Rengasdengklok !
3. Uraikan mengapa berita proklamasi tidak diterima secara bersamaan di seluruh wilayah Indonesia !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar