Menu

Jumat, 04 Februari 2022

Berpikir Diakronik dan Sinkronik dalam Sejarah Permesinan

* Berpikir Diakronik dan Sinkronik dalam Sejarah
* Tujuan pembelajaran : Peserta didik mampu mengidentifikasi berpikir diakronik dan sinkronik dalam sejarah yang dapat digunakan untuk menceritakan peristiwa sejarah perkembangan permesinan di Indonesia dan di dunia dengan bahasa masing-masing.
* Capaian pembelelajaran : Peserta didik mampu menganalisis berpikir diakronik dan sinkronik dalam sejarah.
* Metode pembelajaran : Historical Inquiry
* Langkah - langkah pembelajaran :
- Kegiatan awal : apersepsi
- Kegiatan Inti : Perserta didik menyimak video tentang sejarah perkembangan otomotif di Indonesia. Perserta didik membahas materi yang ditampilkan pada video tentang sejarah perkembangan permesinan di Indonesia. Kemudian mempresentasikan hasil diskusi kelompok di depan kelas.
- Penutup : siswa bersama guru menyimpulkan materi pembelajaran.
Pada materi berpikir diakronik dan sinkronik dalam sejarah diharapkan siswa mampu mengidentifikasi cara berpikir tersebut dengan menyesuaikannya sesuai dengan jurusan masing-masing. Dalam hal ini berkaitan dengan jurusan permesinan. Dengan berpikir diakronik dan sinkronik dalam sejarah bila dikaitkan dengan jurusan permesinan, siswa dapat mengetahui sejarah otomotif pertama di Indonesia.

Dengan menonton video berikut ini diharapkan siswa dapat mengidentifikasi cara berpikir diakronik dan sinkronik disesuaikan dengan jurusan permesinan
Mengetahui perkembangan sejarah pemesinan di Indonesia dan di dunia.
# Silahkan tonton video berikut ini, kemudian buat kesimpulan dengan kelompok kerja yang sudah dibagikan guru. Setelah itu hasil dari kesimpulan kelompok dipresentasikan di depan kelas.
https://youtu.be/qlEyt9-phHU




Tugas kelompok :
Berdasarkan video yang ditampilkan buatlah kesimpulan tentang sejarah perkembangan pemesinan di Indonesia secara berkelompok. Tugas dikerjakan pada selembar kertas dan dilampirkan pada kolom komentar blog ini. Setelah itu dipresentasikan di depan kelas.

14 komentar:

  1. Nama:Irwan septian
    Kelas:xtm1
    Kesimpulan:Untuk membantu negara Indonesia dan juga untuk memanfaatkan bangsa Indonesia karena Indonesia memiliki kelebihan yang tidak di punyai bangsa eropa
    Dan bangsa Eropa tertarik akan sumber daya alam yang dimiliki Indonesia, selain itu bangsa Indonesia dapat menghasilkan rempah rempah yang sangat dibutuhkan bangsa eropa.jadi bangsa eropa ke Indonesia cuma untuk memanfaatkan kekayaan sumber daya alam diIndonesia.

    BalasHapus
  2. Nama:RESTU WAHYUDI
    Kelas:X TM 1
    Indonesia pada tahun 1595 selain didorong perdagangan dan eksplorasi, juga berniat menguasai wilayah nusantara. Kedatangan awalnya di Banten sudah memicu konflik dengan penduduk setempat yang menerima baik mereka yang kemudian berkembang menjadi perang.

    BalasHapus
  3. Nama:RESTU WAHYUDI
    KELAS:X TM 1
    Kesimpulannya bahwa cara berpikir sejarah itu bersifat Diakronik yaitu memanjang dalam waktu, dan mementingkan proses terjadinya sebuah peristiwa. Sedangkan berpikir ilmu sosial itu bersifat Sinkronik, melebar dalam ruang serta mementingkan struktur dalam suatu peristiwa

    BalasHapus
  4. Nama: Muhammad Taufik Hidayat
    Kelas:xtm1
    Kesimpulan:Untuk membantu negara Indonesia dan juga untuk memanfaatkan bangsa Indonesia karena Indonesia memiliki kelebihan yang tidak di punyai bangsa eropa
    Dan bangsa Eropa tertarik akan sumber daya alam yang dimiliki Indonesia, selain itu bangsa Indonesia dapat menghasilkan rempah rempah yang sangat dibutuhkan bangsa eropa.jadi bangsa eropa ke Indonesia cuma untuk memanfaatkan kekayaan sumber daya alam diIndonesia.

    BalasHapus
  5. Nama:Reynaldi Bima ibnu
    Kelas:XTM1
    Kesimpulan:
    Indonesia pada tahun 1595 selain didorong perdagangan dan eksplorasi, juga berniat menguasai wilayah nusantara. Kedatangan awalnya di Banten sudah memicu konflik dengan penduduk setempat yang menerima baik mereka yang kemudian berkembang menjadi perang.

    BalasHapus
  6. Nama : Muhammad Farhan aprido
    Kelas : X TM 1
    Kesimpulan:Untuk membantu negara Indonesia dan juga untuk memanfaatkan bangsa Indonesia karena Indonesia memiliki kelebihan yang tidak di punyai bangsa eropa
    Dan bangsa Eropa tertarik akan sumber daya alam yang dimiliki Indonesia, selain itu bangsa Indonesia dapat menghasilkan rempah rempah yang sangat dibutuhkan bangsa eropa.jadi bangsa eropa ke Indonesia cuma untuk memanfaatkan kekayaan sumber daya alam diIndonesia.

    BalasHapus
  7. Nama:khoirul purnomo
    Kelas:XTM1
    Kesimpulannya bahwa cara berpikir sejarah itu bersifat Diakronik yaitu memanjang dalam waktu, dan mementingkan proses terjadinya sebuah peristiwa. Sedangkan berpikir ilmu sosial itu bersifat Sinkronik, melebar dalam ruang serta mementingkan struktur dalam suatu peristiwa

    BalasHapus
  8. Nama : Achmad Daffa Syahputra
    Kelas : X TM 1


    Kesimpulannya
    bahwa cara berpikir sejarah itu bersifat Diakronik yaitu memanjang dalam waktu, dan mementingkan proses terjadinya sebuah peristiwa. Sedangkan berpikir ilmu sosial itu bersifat Sinkronik, melebar dalam ruang serta mementingkan struktur dalam suatu peristiwa

    BalasHapus
  9. Nama: muhammad agil rizalliano
    Kelas:x tm1
    Kesimpulan:Untuk membantu negara Indonesia dan juga untuk memanfaatkan bangsa Indonesia karena Indonesia memiliki kelebihan yang tidak di punyai bangsa eropa
    Dan bangsa Eropa tertarik akan sumber daya alam yang dimiliki Indonesia, selain itu bangsa Indonesia dapat menghasilkan rempah rempah yang sangat dibutuhkan bangsa eropa.jadi bangsa eropa ke Indonesia cuma untuk memanfaatkan kekayaan sumber daya alam diIndonesia.

    BalasHapus
  10. Nama : muhammad agil rizalliano
    Kelas : X TM 1


    Kesimpulannya
    bahwa cara berpikir sejarah itu bersifat Diakronik yaitu memanjang dalam waktu, dan mementingkan proses terjadinya sebuah peristiwa. Sedangkan berpikir ilmu sosial itu bersifat Sinkronik, melebar dalam ruang serta mementingkan struktur dalam suatu peristiwa

    BalasHapus
  11. Nama:Adam Norzanriansah
    Kelas:X TM 1
    Kesimpulan:Untuk membantu negara Indonesia dan juga untuk memanfaatkan bangsa Indonesia karena Indonesia memiliki kelebihan yang tidak di punyai bangsa eropa
    Dan bangsa Eropa tertarik akan sumber daya alam yang dimiliki Indonesia, selain itu bangsa Indonesia dapat menghasilkan rempah rempah yang sangat dibutuhkan bangsa eropa.jadi bangsa eropa ke Indonesia cuma untuk memanfaatkan kekayaan sumber daya alam diIndonesia.

    BalasHapus
  12. Nama: rhezalalhapis
    Kls:x TM 1
    Berpikir diakronik merupakan berpikir kronologis atau urutan. Kronologis adalah catatan kejadian-kejadian yang diurutkan sesuai dengan kejadian. Baca juga: G20: Sejarah, Tujuan, dan Peran Indonesia Kronologis dalam peristiwa sejarah dapat membantu merekontruksis kembali suatu peristiwa berdasarkan urutan waktu secara tepat. Dapat membantu juga untuk membandingkan kejadian sejarah dalam waktu yang sama di tempat berbeda yang terkait peristiwa. Sejarah merupakan ilmu diakronik yang mementingkan proses. Sejarawan atau ahli sejarah akan menggunakan pendekatan diakronik saat berbicara sejarah. Karena melalui pendekatan itu, sejarah berupaya mengalisis evolusi atau perubahan sesuatu dari waktu ke waktu. Sehingga memungkinkan sejarawan untuk mendalilkan mengapa keadaan tertentu lahir dari keadaan sebelumnya atau mengapa keadaan tertentu berkembang atau berkelanjutan. Contohnya belajar mengenai Proklamasi Kemerdekaan bangsa Indonesia pada 17 Agustus 1945. Di mana dengan menelusuri perjuanga bangsa Indonesia pada masa penjajahan di abad ke-17.

    Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Konsep Berpikir Diakronik dan Sinkronik dalam Belajar Sejarah", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/skola/read/2020/05/18/110000569/konsep-berpikir-diakronik-dan-sinkronik-dalam-belajar-sejarah?page=all.
    Penulis : Ari Welianto
    Editor : Ari Welianto

    Download aplikasi Kompas.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
    Android: https://bit.ly/3g85pkA
    iOS: https://apple.co/3hXWJ0L

    BalasHapus