Menu

Rabu, 20 Oktober 2021

Komitmen Menulis Di Blog


Judul : Pelatihan Belajar Menulis PGRI
Resume : 8
Gelombang : 21
Tanggal : 20 Oktober 2021
Tema : Komitmen Menulis Di Blog
Narasumber : Drs. Dedi Dwitagama, M.Si

Pulau Gelasa pulau selapan,
Kapur tulis diikat dengan lidi,
Tak terasa malam ke delapan,
Belajar menulis bersama Pak Dedi.


Malam ini adalah malam yang membuat saya rasa takjub dengan mengenal orang orang hebat sebagai pemateri dalam belajar menulis bersama PGRI. Alhamdulillah atas izin Allah dapat bergabung dalam grup ini. Rasa terbelalak mata yang selama ini merasa dunia ini sempit, karena hanya melihat orang di sekitar saya saja... Sekarang saya baru sadari begitu banyak orang hebat di bumi Indonesia ini. Rasa berterima kasih kepada semua teman yang telah menggiring saya sehingga dapat bergabung dalam grup ini.

Masya Allah.... malam ini sebagai narasumber adalah seorang guru hebat yang bertugas di Jakarta, karena kesuksesan dan kharisma yang ada dalam diri beliau sehingga dapat berkeliling Indonesia bahkan keliling dunia. Sungguh luar biasa pengalaman bapak Drs. Dedi Dwitagama, M.Si membuat saya mengagumi kiprah beliau. Sebagai moderatornya Bu Aam Nurhasanah, yang juga memiliki prestasi luar biasa. Malam ini temanya adalah "Komitmen Menulis di Blog".

Pembelajaran malam ini tidak seperti malam yang sebelumnya, biasanya admin akan menutup komentar dari peserta, tetapi malam ini Pak Dedi memberikan kesempatan kepada peserta untuk bertanya dan berkomen secara langsung dalam chat WA. Ditemani anak sulungku yang manis sambil mengerjakan tugas yang diberikan gurunya karena pembelajaran belum tatap muka sepenuhnya, kami mendengar informasi yang disampaikan bapak dengan antusias. 

Diawali sapaan Bu Aam yang begitu santun menyapa semua peserta, kemudian dilanjutkan dengan Bapak Dedi sebagai pemateri yang membagikan profil beliau. Saya langsung membaca profilnya, kemudian saya berkata dalam hati,  "Ya Allah, begitu hebatnya Engkau telah menciptakan manusia seperti Pak Dedi yang begitu banyak prestasi dan karya-karyanya. Saya begitu mengagumi orang sukses seperti Bapak Dedi, dalam mengikuti pelatihan ini baru saya rasakan melek terhadap pergaulan luas bersama orang-orang hebat yang ada di Indonesia. 

Menjawab pertanyaan dari Bu Maryani, Pak Dedi mengatakan  Blog dikenal di As sudah ada sejak tahun 1994, beliau mulai ngeblog pada tahun 2005, Blog seseorang menarik kalau blog nya mengandung sesuatu yang dibutuhkan seseorang, nanti orang akan mencari blog kita. Tulis saja apa yang akan kita tulis dengan tulus, nanti kita akan bertemu dengan orang yang satu visi dengan kita, dan dapat menjadi sahabat, kita juga harus sering berkunjung ke blog orang lain.

Menurut Pak Dedi menjawab pertanyaan Pak Hilman, "Menulis bukan karena Dewi Fortuna, menulis adalah proses meninggalkan jejak dalam hidup, menulis itu tergantung niat, menulis cukup 1, 2, 3 alinea, itu terserah kita, lakukan sesuatu dengan serius kita akan menjadi apa-apa karena hidup hanya sekali".
Begitu berkesan ya jawaban dari Pak Dedi mengenai jawaban dari peserta. Hal ini menjadi motivasi dalam diri saya, bahwa lakukanlah hal yang membuat kita dapat berkesan dalam hidup kita dan memberikan manfaat bagi orang lain.

Menurut Pak Dedi, menjawab pertanyaan ibu Umi Agus, kalau melihat blog teman dengan membaca tulisan blog orang lain tidak apa apa, ini dapat menambah ide kita, kita tulis lagi dengan gaya kita itu jadi sesuatu yang beda, kita kembangkan sehingga mempunyai sesuatu yang berbeda tetapi jangan di copy paste.

Dengan diberikannya kesempatan bertanya saya juga tergelitik untuk bertanya kepada Bapak Dedi, sebagai bentuk kekaguman saya dengan kesuksesan beliau, pertanyaan saya adalah bagaimana dapat menjadi orang hebat seperti Bapak ? Beliau menjawab saya tidak sehebat yang ibu kira, kebetulan tahun 2005 mendapat informasi tentang blog dan langsung saat itu saya membuat blog, dan kecanduan untuk menulis di blog. Hebat atau tidak seseorang,  persoalannya pada komitmen dan konsistensi, apabila kita eksis dengan sesuatu kita akan aktif menekuni satu bidang secara kesinambungan secara terus menerus, apabila bidang tersebut masih jarang yang menekuni tentu kita bisa expert, lakukan pada bidang apa anda tertarik maka anda akan expert di bidang itu. Mendengar jawaban dari Pak Dedi, semakin besar kesukaan saya untuk menulis di blog, semoga dapat bermanfaat bagi orang lain.

Malam semakin larut, peserta yang lain juga banyak yang memberikan pertanyaan dan dengan jelas dijawab oleh Pak Dedi. Satu hal yang dapat saya ambil kesimpulan dari pembelajaran malam ini adalah... " Menulis adalah proses meninggalkan jejak, menulislah setiap saat, ceritakan hal apapun yang ada dalam pikiran kita, karena dengan menulis di blog akan meninggalkan kesan kepada pembaca, sehingga suatu hari disaat  ketidakhadiran kita di dunia ini, dapat dikenang oleh semua orang, tentang keberadaan kita pada saat itu". Terima kasih Pak Dedi atas materinya, semoga kita dapat bertemu pada materi yang lain.





22 komentar:

  1. Mantap yes πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    BalasHapus
  2. Keren bikin blognya..tapi buat mata saya bacanya harus di zoom geser kiri kananπŸ™

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Bu .., maaf.. nnti dibesarin lagi ya... terima kasih sudah berkunjung bu

      Hapus
  3. Keren Ama...makin lancar ok, jemari e semakin lincah dan menawan.

    BalasHapus
  4. Blog mulai ada di Amrik 1994, saya mulia ngeblog 2005 ... postingnya baguuuus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf pak, kesalahan ada pada saya,dan saya perbaiki, terima kasih bapk hebat...

      Hapus
  5. Rapiii, selalu bikin pingin niru

    BalasHapus